Pilih Wakil Rakyat yang Tepat

18 05 2010

Oleh: Mahyudin Damis

Fakta memperlihatkan bahwa ada gejala munculnya kembali muka-muka lama dari berbagai parpol yang ada di Sulut. Muka-muka lama yang dimaksud adalah anggota-anggota DPRD baik yang di Sario maupun di  Tikala. Mereka inilah yang justru memperpanjang masa transisi yang dapat menghantarkan masyarakat Sulut pada umumnya dan kota Manado khususnya pada keadaan yang lebih terpuruk.

Bagaimana masyarakat Sulut agar bisa mempersingkat masa transisi tersebut? Syaratnya adalah, rakyat Sulawesi Utara harus bisa memilih wakil-wakilnya atau pemimpinnya yang memiliki inisiatif dan kreatif. Bukan memilih wakil-wakil rakyat yang hanya suka menghabiskan uang rakyat, — berfoya-foya keluar daerah maupun ke luar negeri. Namun pada akhirnya tidak membawa dampak positif yang cukup signifikan bagi daerah ini.

Jika toh tidak ada pemimpin yang memiliki inisiatif dan kreatif maka serahkanlah kepada generasi muda yang masih memiliki idealisme, kaum muda yang masih belum terkontaminasi oleh praktik-praktik politik kotor, atau calon-calon wakil rakyat yang memiliki integritas moral dan memiliki keinginan kuat untuk melakukan suatu perubahan. Merubah kondisi sosial, ekonomi, budaya dan politik di daerah Sulawesi Utara yang kurang baik menjadi lebih baik. Bagi generasi muda yang pernah duduk di Sario dan Tikala pun harus diseleksi untuk dipilih kembali. Jangan terlalu lama kita memberi kesempatan kepada “kekuatan yang tidak memihak kepada rakyat”, karena  akan menjerumuskan kita pada jurang kehancuran. Dengan cara semacam ini, — berarti rakyat dengan sendirinya telah pula memberikan pendidikan politik kepada para calon pemimpin atau pemimpin di daerah ini. Yang  seharusnya para pemimpinlah yang memberikan pendidikan politik kepada rakyat.

Melihat kondisi fisik prasarana yang ada saat ini, kita tidak perlu mengeluh, mengomel-gomel dan meratapi akan kondisi fasilitas-fasilitas umum yang ada, misalnya kondisi jalan-jalan raya yang rusak berat di pusat-pusat kota, di kelurahan-kelurahan, dan sampah berserakan di mana-mana. Tentu seharusnya kita memakainya dengan rasa nyaman dan aman, akan tetapi yang dirasakan justru sebaliknya. Apalagi dengan kondisi mental para pejabat, misalnya lebih meningkatnya penyalahgunaan kekuasaan di kalangan legislatif, eksekutif dan yudikatif. Yang penting saat ini adalah menyadari kekurangan-kekurangan dan kesalahan kita selama ini dalam memilih wakil-wakil rakyat dengan cara-cara yang keliru. Memilih kepentingan jangka pendek atau “Mendapatkan sejumlah uang (kecil), akan  tetapi aspirasi yang bagus dan kepentingan jangka panjang kita terabaikan”. Untuk itu marilah kita memulai  memperbaikinya. Semoga kita bisa”.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: